239 Penumpang Malaysia Airlines Di Nyatakan Tewas Oleh Pemerintah Malaysia
239 Penumpang Malaysia Airlines Di Nyatakan Tewas Oleh Pemerintah Malaysia
Posted by

239 Penumpang Malaysia Airlines Di Nyatakan Tewas Oleh Pemerintah Malaysia

239 Penumpang Malaysia Airlines Di Nyatakan Tewas Oleh Pemerintah Malaysia, Pemerintah Malaysia hari ini secara resmi mengumumkan pesawat Malaysia Airlines MH370 yang mengalami kecelakaan pada 8 Maret 2014. Sebanyak 239 penumpang dan kru yang berada di dalam pesawat itu dianggap telah tewas.

Kamis, 29 Januari 2014, pengumuman itu disampaikan oleh Direktur Jenderal Departemen Penerbangan Sipil (DCA), Azharuddin Abdul Rahman melalui siaran televisi RTM1. Pemerintah Negeri Jiran, ungkap Azharuddin, tetap berkesimpulan, burung besi jenis Boeing 777 tersebut jatuh di bagian selatan Samudera Hindia.

“Dengan hati yang sangat berat dan kesedihan mendalam, atas nama Pemerintah Malaysia, kami secara resmi menyatakan penerbangan Malaysia Airlines MH370 merupakan sebuah kecelakaan. Ke-239 penumpang dan kru di atas pesawat dianggap telah tiada,” kata Azharuddin.

Pengumuman itu disampaikan setelah selama 327 hari melakukan pencarian, namun hingga hari ini bangkai pesawat belum ditemukan. Kendati telah dinyatakan sebagai sebuah kecelakaan, Pemerintah Malaysia tetap berkomitmen untuk melanjutkan upaya pencarian.

Proses pencarian kini dilakukan dengan bantuan dari Pemerintah Tiongkok dan Australia.

Malaysia berkesimpulan pesawat mengalami kecelakaan, ujar Azharuddin, berdasarkan semua petunjuk yang kredibel dan meninjau kembali semua data yang tersedia.

Namun, pengumuman itu ditentang oleh keluarga dan kerabat MH370 yang tergabung dalam paguyuban Voice370. Terlebih, sebelum diumumkan, sempat beredar rumor bahwa otoritas Malaysia pada akhirnya memang akan menyatakan pesawat menghilang.

Keluarga kru dan penumpang pada Rabu kemarin menegaskan tidak akan menerima pernyataan pemerintah yang menyebut pesawat hilang. Kecuali, dilengkapi bukti yang jelas.

“Kami telah siap dengan berbagai kenyataan, termasuk fakta bahwa orang yang kami sayangi mungkin tidak akan pernah kembali,” ungkap Voice370 dalam sebuah pernyataan.

Namun, lanjut Voice370, seluruh keluarga penumpang sepakat bahwa mereka tidak akan menyatakan anggota keluarga mereka tewas tanpa ada bukti yang jelas.

Sementara, DCA pada 7 Maret nanti, akan merilis laporan sementara mengenai hasil penyelidikan terhadap insiden menghilangnya MH370.

baca juga:

Facebook Comments